Nikmatnya Buka Bersama di Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran

HORASNEWS.COM-Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan bagi seluruh umat manusia khususnya pemeluk agama Islam. Di bulan yang penuh berkah ini, umat Islam di seluruh dunia berlomba – lomba meningkatkan amal serta memperbanyak sedekah kepada sesama. Ada satu budaya yang sering dilakukan oleh masyarakat Muslim di Indonesia saat bulan Ramadhan yaitu buka puasa bersama.

Imam Al-Baghawi dalam tafsirnya menyampaikan satu hadis yang cukup panjang tentang hal ini. Sebagian kutipan hadis tersebut menuturkan bahwa Dari Sa’id bin Musayab dari Salman ia berkata:

Rasulullah SAW berkhutbah kepada kami di hari terakhir bulan Sya’ban. Beliau bersabda, “… Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadhan maka hal itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka. Baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala puasa orang yang diberi buka tersebut.” Orang-orang berkata, “Ya Rasulullah, tidak setiap kami dapat memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa.” Rasulullah bersabda, “Allah akan memberikan pahala yang demikian ini kepada orang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa meskipun hanya dengan susu encer, sepotong kurma, atau seteguk air. Dan barang siapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya minum dari telagaku di mana setelahnya ia tak akan haus sampai masuk ke dalam surga…”

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang ditunggu-tunggu umat muslim dalam bulan Ramadhan. Ada kebahagian yang terpancar dari wajah-wajah mereka yang akan berbuka, setelah seharian penuh melaksanakan ibadah puasa, apalagi jika hal tersebut dilakukan secara bersama-sama. Salah satu nilai utama dari buka puasa bersama sebenarnya berkait erat dengan setting atau tempat dimana dilaksanakan kegiatan buka bersama tersebut. Momen berbuka puasa bersama dapat dilakukan di rumah, warung, café, rumah makan, mall, maupun tempat wisata bersama dengan teman, handai taulan maupun kerabat. Namun tak sedikit juga, umat islam yang ingin merasakan nikmatnya berbuka di Masjid. Hal tersebut cukup beralasan, karena momentum buka puasa akan terasa lebih nikmat jika dipadu dengan shalat maghrib berjamaah.

Seperti masjid-masjid lainnya, Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran juga menyediakan takjil dan makanan gratis bagi masyarakat ataupun musafir yang hendak berbuka puasa di Masjid yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman tepat di depan Kantor Bupati Asahan tersebut. Setiap harinya, sejumlah masyarakat terlihat melaksanakan buka puasa secara bersama di masjid tersebut meskipun di antara mereka terkadang tidak saling kenal, tetapi ada rasa persaudaraan dan keakraban ketika bersama-sama duduk sambil menunggu waktu berbuka. Ada juga masyarakat ataupun musafir yang memilih untuk berjalan – jalan di sekitar area masjid yang bersebelahan dengan Alun – Alun dan Hutan Kota Kisaran sebelum tiba waktu berbuka.

“Selama bulan ramadhan, setiap harinya sejumlah 100 takjil, 100 nasi bungkus lengkap dengan minumannya disediakan bagi umat islam yang hendak berbuka puasa di Masjid yang merupakan salah satu icon Kab. Asahan tersebut “, terang Kadis Kominfo Asahan Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos., M.Si. Beliau juga menyampaikan bahwa hal tersebut dapat terlaksana berkat bimbingan dan arahan Bupati Asahan Drs. H. Taufan Gama Simatupang, MAP yang menginstruksikan agar setiap pejabat dilingkungan Pemerintah Kab. Asahan baik Eselon II, III, maupun IV untuk menyisihkan sebahagian rezekinya demi memakmurkan masjid serta memberikan penganan untuk masyarakat yang berbuka puasa bersama di masjid tersebut selama bulan ramadhan. Orang nomor satu di Dinas Kominfo Asahan tersebut juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bupati Asahan yang telah mengingatkan dirinya beserta pejabat yang lain betapa pentingnya menyisihkan sebahagian dari rezeki kita untuk memakmurkan rumah ibadah sekaligus berbagi kepada sesama terutama di bulan yang penuh berkah ini.

Lebih lanjut, Bupati Asahan melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga dilakukan demi meningkatkan ukhuwah sesama muslim. Karena dengan menyantap sajian buka puasa bersama di Masjid tersebut, masyarakat lokal maupun musafir dapat meningkatkan kebersamaan dan silaturahmi sembari menikmati kesejukan, keindahan dan kenyamanan Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran.
Semoga ibadah puasa kita tahun ini menjadi lebih sempurna dari tahun – tahun sebelumnya. Amiin…

loading...

Tuliskan Komentar Anda