KPU Padang Targetkan 70 % Partisipiasi Pemilih di Pilkada 2018

HORASNEWS.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatra Barat menggelar jalan sehat sebagai sosialisasi pemilihan kepala daerah. Ketua KPU Padang Muhammad Sawati mengatakan, KPU menargetkan 70 persen partisipasi pemilih untuk pemilihan Wali Kota – Wakil Wali Kota (Pilwako) 27 Juni 2018.

“Target ini diakui cukup berat namun sosialisasi terus digencarkan untuk menggenjot partisipasi pemilih. Salah satunya adalah menggelar jalan sehat  ini,” ujar M Sawati disela-sela jalan sehat Sabtu (14/4).

Sawati mengakui, pada Pilwako tahun 2013 lalu, partisipasi pemilih di Kota Padang masih rendah. Namun, untuk pemilihan gubernur – wakil gubernur (Pilgub) tahun 2015 partisipasi sudah mulai meningkat.

“Melihat peningkatan partisipasi pada Pilgub kami optimis target tersebut bisa dicapai pada Pilwako kali ini,” ujarnya.

Gerak Jalan Sehat yang digelar kali ini, lanjutnya, juga sebagai upaya KPU dalam menarik perhatian masyarakat terkait pelaksanaan Pilwako. Dengan demikian, masyarakat menyadari bahwa Kota Padang tengah menggelar suksesi kepemimpinan.

“Sedikitnya, ada 25 kali kegiatan sosialisasi yang melibatkan masyarakat dalam jumlah banyak selama masa suksesi kepemimpinan ini dengan harapan masyarakat yang menggunakan hak pilih pada pemilihan nanti semakin meningkat,” harapnya.

Sebelumnya KPU telah menetapkan data pemilih sementara (DPS) untuk pilkada 2018 sebanyak 536.045 orang yang terdiri dari 262.242 laki-laki dan 273.803 perempuan yang tersebar di 11 kecamatan pada 104 kelurahan yang ada di kota itu.

Pilkada Kota Padang digelar serentak dan merupakan bagian dari 171 daerah di Indonesia yang menggelar pilkada tahun 2018 ini. Pemilihan kali ini hanya diikuti dua pasangan calon, berbeda dari kondisi lima tahun lalu yang diikuti 10 paslon, terbanyak di Indonesia.

Dua paslon yang berkompetisi di Pilkada Kota Padang adalah paslon nomor urut 1 Emzalmi – Desri Ayunda dan paslon nomor urut 2 Mahyeldi – Hendri Septa. Emzalmi – Desri diusung oleh koalisi tujuh partai politik sementara Mahyeldi – Hendri diusung koalisi parpol.

Jalan sehat berhadiah sepeda motor ini juga diikuti Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra dan OKP lainnya.(red)

loading...

Tuliskan Komentar Anda