Kota Sibolga Diperkenal di Internasional

HORASNEWS.COM-International Conference of Nation trust (ICNT) sangat tepat untuk promosikan Kota Sibolga, Sumatra Utara  dan mengenalkannya pada dunia internasional melalui kekayaan tradisi dan kearifan budaya lokal pesisir Kota Sibolga.

Wali Kota Sibolga  M Syarfi Hutauruk saat menghadiri kegiatan pembukaan ICNT 2017, di Gianyar Bali, kemarin. Kegiatan tersebut  digelar selama 4 hari, yakni (11-15/9), bekerjasama dengan  Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI/Indonesia Heritage Trust) dan  INTO ( International of Nation Trust) dan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali.

Wali Kota Sibolga menyampaikan hal itu  dihadapan 200 orang peserta  ICNT 2017 yang mewakili 30 negara. Konferensi yang kini menginjak konferensi ke 17 itu mengupayakan kebersamaan masyarakat dunia dalam menguatkan tradisi dan kearifan lokal untuk menjawab tantangan permasalahan lingkungan untuk mendukung kelestarian lingkungan, dalam berbagai tekanan termasuk perubahan iklim.

ICNT adalah acara dua tahunan yang digelar oleh International of National Trust Organization (INTO), sebuah kelompok peduli pelestarian pusaka yang kini beranggotakan 65 organisasi pelestarian baik dari Asia, Australia, Amerika, Eropa, dan Afrika.

Dari 72 negara anggota INTO, Indonesia dipilih untuk menjadi tuan rumah International Conference of National Trusts (ICNT) 2017. Topik yang di angkat adalah “Pusaka Budaya, Kunci Kelestarian Lingkungan”.

Pembukaan ICNT 2017 juga dihadiri Duta Besar Belgia H.E. Patrick Hermann yang bertindak sebagai tuan rumah dan sosialisasi ICNT 2017 kepada para duta besar negara-negara Eropa  Selain itu, juga hadir para pemerhati pelestarian budaya dan lingkungan baik dari institusi pemerintah, swasta maupun komunitas.  (Nobon/Alam)

loading...

Tuliskan Komentar Anda