Kementerian PUPR Akan Merehab 128 Unit Rumah di Desa Maileppet

HORASNEWS.COM-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merehabilitasi sebanyak 128 unit rumah yang tidak layak huni di Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada tahun ini.

Kepala Desa Maileppet, Nikman Satiur mengatakan, dari pendataan yang dilakukan pihaknya sebanyak 128 rumah akan dibedah. Data ini telah diserahkan kepada Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Berdasarkan data tiap dusun di Desa Maileppet, rumah tidak layak huni yang akan direhab di Dusun Teitei Sinabak sebanyak 21 unit, Dusun Bat Joja 17 rumah, Siritengah 35 rumah dan Dusun Pasakiat sebanyak 55 rumah.

“Rumah yang rencananya akan dibedah datanya ini sudah diserahkan kepada Kementerian PUPR dan Provinsi Sumbar,” katanya kepada MentawaiKita.com, Selasa (22/5/2018).

Menurut Nikman, program bedah rumah sudah ada sejak 2015 namun ia tidak mengetahui berapa jumlahnya. Ia juga mengaku tidak tahu berapa rumah yang selesai direhab maupun yang belum.

Setahu Nikman banyak program bedah rumah di desanya yang pembangunannya belum selesai dan bermasalah.

Jika tahun sebelumnya anggaran bedah rumah sebesar Rp10 juta, pada tahun ini naik menjadi Rp15 juta per unit.

Syarat mendapatkan bantuan rehab rumah ini harus menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga(KK) dan fotokopi surat tanah.

“Jika ini belum maka belum berhak rumahnya dibedah, untuk tim survei dari kementerian sudah turun di Desa Maileppet mendata dan melihat rumah warga,” ujarnya.

Sementara Kepala Dusun Tetesinabak, Anjelo menyebutkan, jumlah yang diajukan tersebut kemungkinan bisa berkurang setelah diseleksi oleh kementerian. Ia yakin paling yang akan dibedah sebanyak 100 unit.

“Ada 5 buah rumah yang tidak jadi dibedah karena 3 3umah sudah membangun rumah dengan biaya pribadi, 1 rumah pemiliknya sudah meninggal dunia, dan 1 rumah lagi sudah pindah dari wilayah desa, ini 5 rumah rencananya akan diberikan kepada orang yang betul-betul membutuhkan,” ujar Anjelo.(RED)

loading...

Tuliskan Komentar Anda