Kader Artis NasDem Ngobrol Soal Pancasila

HORASNEWS.COM-Sebagai bangsa yang penuh dengan keberagaman, kehadiran Pancasila merupakan pedoman yang sangat penting untuk mempersatukan keberagaman di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh kader NasDem yang juga berprofesi sebagai publik figur Nafa Urbach dalam acara  diskusi Kita dan Pancasila yang diinisiai oleh Garda Pemuda NasDem.

“Kita harus sama-sama bersatu menyuarakan kembali pemahan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Bagaimanapun Pancasila sangat diperlukan untuk menjaga keberagaman,” tuturnya di Kawasan SCBD Jakarta, Jumat (1/6).

Nafa melanjutkan, hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada awal bulan Juni ini dapat dijadikan momentum untuk terus mempromosikan nilai-nilai Pancasila kepada khalayak umum, khsusunya kepada generasi milenial muda. Pasalnya tidak sedikit generasi muda yang saat ini belum memahami ideologi pancasila sepenuhnya.

“Dengan pemhaman Pancasila yang baik bisa meminimalisir ideologi-ideologi radikalisme yang akan berujung pada tindakan terorisme,” jelas Nafa.

Senada dengan Nafa, Kader NasDem lainnya yang juga soerang stand up komedian Mongol menuturkan bahwa diperlukan kerjasama dari semua pihak untuk terus menyuarakan Pancasila.

Dirinya berharap Pemerintah perlu menerapkan kembali pelajaran tentang nilak-nilai Pancasila kepada para pelajar di Indonesia.

“Dulu kan ada butir-butir Pancasila, sekarang anak-anak cenderung sudah lupa,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Politik DPP Garda Pemuda NasDem Ivanhoe Semen menjelaskan saat ini generasi muda mengalami krisis identitas yang notabene tidak lagi mencerminkan seorang Pancasilais. Sedianya perlu dipahami bahwa Pancasila yang digali dari akar budaya bangsa akan selalu konstektual dan dapat menjawab tantangan zaman.

“Garda Pemuda NasDem ingin kembali menggelorakan semangat Pancasila di dalam jiwa setiap anak bangsa, khususnya generasi muda. Lewat talk show Kita dan Pancasila, ini kami ingin kembali menyerukan kepada seluruh pemuda di Indonesia bahwa kita punya Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa,” ujarnya.

Acara tersebut menghadirkan sejumlah pembicara yang berlatar dari beragam profesi, seperti aktris Nafa Urbach, aktor Jonathan Frizzy, sutradara film sekaligus Ketua DPP GP NasDem Fajar Nugros, komika Rony Imanuel alias Mongol Stres, dan eks atlet bulutangkis Marlev Mainaky.

“Diharapkan ragam latar belakang profesi yang berbeda dapat menjadi inspirasi untuk turut menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pemilihan segala jenis profesi yang dipilih,” papar Ivan. (Uta)

loading...

Tuliskan Komentar Anda