IPSI Sumbar Gelar Kejuaraan Pencak Silat 2017

HORASNEWS.COM-Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar akan menggelar kejuaraan pencak silat 2017 dalam rangka melestarikan salah satu kearifan lokal Minangkabau.

Kejuaraan pencak silat ini pesertanya mulai SD, SMP dan SMA yang berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia.

“Peserta ditargetkan 500 orang. Pesertanya ada yang berasal dari Siak, Provinsi Riau,” kata Ketua IPSI Sumbar, Fauzi Bahar disela sela meninjau MAN 3 Padang yang menjadi tempat kegiatan diselenggarakan, Minggu (03/09/2017).

Kejuaraan pencak silat antara pelajar ini akan dilaksanakan pada 21 September 2107 dan akan dibuka oleh Ketua umum IPSI Prabowo Subianto.

Selain membuka kejuaraan pencak silat antar pelajar, Prabowo ke Sumbar sekaligus melantik pengurus Pengda IPSI Sumbar yang diketuai oleh Fauzi Bahar.

Fauzi Bahar mengtakan, silat di Sumbar tidak hanya sekedar olahraga, tapi sudah menjadi budaya dalam membangun karakter (character building).

Silat mulai dari surau dan musholla. Maka, di Minangkabau antara silat dan surau sangat berdekatan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dari sinilah muncul character building.

Makanya di semua surau dan musholla yang ada di Minangkabau ada halamannya. Halamannya dijadikan untuk latihan silat.

“Ada namanya silat berdiri dan duduk. Duduk si dalam mesjid atau surau. Sedangkan berdiri itu di halaman mesjid atau surau. Satu mengisi jiwanya/imannya, satu lagi mengisi fisiknya,” sebut Fauzi.

Surau si Minangkabau ada yang menjadi milik suku, nagari, kampung dan jorong.

“Itu sesungguhnya adalah lambang peradaban masyarakat sekitar mesjid di nagari, kampung dan jorong di Sumbar,” ujarnya. (Mus)

loading...

Tuliskan Komentar Anda