Inilah Pemenang Kontes Ternak di Solok Selatan

HORASNEWS.COM-Ratusan ekor ternak sapi, kerbau dan kambing memenuhi halaman kantor Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat. Kehadiran ternak ini bukan tanpa alasan, merupakan peserta kontes ternak yang digelar Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat.

Kontes ternak ini, merupakan rangkaian kegiatan livestock expo, bulan bhakti peternakan tahun 2017 yang digelar di Kabupaten Solok Selatan, Sumbar Barat. Ada 12 kategori dalam kegiatan kontes ternak ini.

“Ada beberapa indikator dalam penilaian kontes ternak tersebut, diantaranya penimbangan berat badan, pengukuran tinggi dan lingkar badan. Kemudian, pengecekan kesehatan pada ternak tersebut, tahapan itu harus dilalui oleh ternak peserta kontes tersebut,” ujar Desrianti, panitia pelaksana.

Ratusan ternak ternak yang mengikuti kontes tersebut, satu persatu dinaikan keatas timbangan, ditimbang bobotnya, diukur besar dan tinggi badannya serta dinilai kesehatannya. Jika tidak memenuhi persyaratan itu, jangan harap akan bisa menjadi pemenang kontes ternak tersebut.

Para juri dengan teliti melihat kualitas peserta kontes ternak ini, hingga akhirnya terpilih sang juara dengan berbagai kategori yang telah ditetapkan.

“Untuk penilaian kontes ada dua kriteria penilaian, yang pertama kualitatif berdasarkan peformancenya kemudian keserasian serta bulu yang baik, yang kedua kuantitatif berdasarkan kepada berat bobotnya. Selanjutnya,  ukuran lingkar badan dan tinggi serta kesehatannya, penilaian ini berdasar dengan standar nasional Indonesia,” tambahnya.

Menurutnya, ada 121 ekor ternak mulai dari sapi, kerbau dan kambing yang ikut dalam ajang kontes ternak ini, keseluruhannya mewakili masing-masing 17 kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang ambil bagian pada kegiatan ini.

Ke 12 kategori lomba, diantaranya, sapi sumental dewasa jantan dan betina, sapi sumental anak jantan dan betina, sapi peranakan ongol dewasa jantan dan betina, sapi bali dewasa jantan dan betina, kerbau dewasa jantan dan betina.

Serta kambing peranakan etawa dewasa jantan dan betina, kemudian ditambah satu kategori exebisi anak kambing cp, kategori kambing hiasan.

“Pemenang kontes ternak ini bernama Syahrul dari limapuluh kota, seberat satu ton 150 kilogram,” katanya.

Saat ini sumatera barat telah memproduksi sapi sebanyak 800 ribu ekor pada tahun 2016, yang akan dititargetkan produksinya akan bertambah menjadi 2 juta ekor pada tahun 2018 nanti. (diky)

loading...

Tuliskan Komentar Anda