Inilah Jalan Tol Padang-Pekanbaru

HORASNEWS.COM-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau pembangunan jalan tol Kota Padang, Sumatra Barat-Pekanbaru, Riau. Rini meminta pemerintah provinsi Sumbar untuk segera mempercepat pembebasan lahan sehingga pembangunan tol ini tuntas tahun 2019.

Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukni meninjau pembukaan lahan jalan tol Kota Padang, Sumatra Barat dan Pekanbaru, Riau, di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (14/10/2017) sore.

Rini mengapresiasi partisipasi tokoh adat di daerah dapat membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan tol. “Tokoh adat di sini ambil andil dalam pembebasan lahan sehingga pembangunan tol dapat dipercepat,” kata Rini.

Menurut dia, kalau lebar jalannya baru 34 meter belum bisa dibilang tol. Untuk itu disainnya harus diubah. “Minimal lebarnya harus 60 meter dulu. Jika sepanjang 29 kilometer ini sudah selesai, nanti baru diperpanjang hingga 41 kilometer,” ujarnya.

Rute tol itu, dimulai dari Padang-Sicincin-Padang Panjang-Kota Bukittinggi dan lanjut ke Payakumbuh hingga perbatasan Riau. Diperkirakan dana pembangunan tol Padang-Pekanbaru ini menghabiskan dana Rp 10 triliun. (Idris)

 

loading...

Tuliskan Komentar Anda