Inilah Data Pengaduan ke Ombudsman RI

HORASNEWS.COM-Ombudsman Republik Indonesia menilai partisipasi masyarakat mengawasi pelayanan publik di Tanah Air mengalami peningkatan yang ditandai dengan terus bertambahnya laporan pengaduan setiap tahun.

“Pada 2014 jumlah pengaduan ke Ombudsman 6.679,  di tahun 2015 naik jadi 6.950 dan 2016 mencapai 10.000, artinya kepedulian masyarakat untuk melapor terus tumbuh,” kata Komisioner Ombudsman Republik Indonesia Ninik Rahayu di Padang, Sumatera Barat, Sabtu.

Ia menyampaikan hal itu pada pertemuan berkala Dunsanak Ombudsman dengan tema “Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pelayanan Publik” yang dihadiri jajaran awak media di Padang.

Menurut dia, selama ini keberanian masyarakat dalam melapor praktik penyimpangan yang terjadi dalam pelayanan publik masih minim karena butuh modal besar untuk melakukannya.

“Biasanya kan masyarakat kalau menemukan penyimpangan hanya bisa menggerutu, namun sekarang sudah berani melaporkan, ini jauh lebih konstruktif bagi penyelenggaraan pemerintah,” kata dia. (Idris)

loading...

Tuliskan Komentar Anda