Ini Catatan DPRD Sumbar ke Pemprov Sumbar

HORASNEWS.COM-DPRD Sumarta Barat memberi sejumlah catatan kepada Pemprov Sumbar terkait masukan untuk Ranperda tentang Pengelolaan E-Government yang saat ini tengah dibahas.

Salah satunya, Fraksi Hanura DPRD Sumbar mengingatkan agar ketersediaan menu layanan publik pada situs pemerintahan daerah seyogyanya merupakan fasilitas untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

“E-Government tidak merupakan website semata, tapi merupakan salah satu cara menuju Good Government yang memberikan layanan dengan cepat pada masyarakat,” ujar Ketua Fraksi Hanura Armiati.

Hanura sangat berharap pengelolaan E-Government juga dapat menciptakan kenyamanan masyarakat dalam menerima layanan, memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada stakeholdernya, terutama dalam hal kinerja, efektifitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara.

Lebih jauh Hanura meminta agar penerapan E-Government dapat mengurangi secara signifikan total biaya administrasi relasi, dan interaksi.

Sementara itu Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) juga mendukung langkah pemanfaatan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

Menurut PAN, salah satu tujuan terbentuknya Perda ini mendorong terselenggaranya pemerintahan yang efektif dan berjalan dengan baik.

“Pemerintahan yang baik itu adalah pemerintah yang melayani dengan cepat, tuntas setiap persoalan di masyarakat,” tulis PAN dalam pandangan fraksinya.

PAN juga memberi catatan kalau pemerintahan yang baik juga yang terbuka dan di ketahui grafik perkembangannya oleh masyarakat, dan tidak ada yang tersembunyi semua harus transparan.

Oleh sebab itu Fraksi PAN mendorong adanya peningkatan E-Government ini menjadi tujuan penguatan untuk percepatan pembangunan Provinsi Sumbar. (red)

loading...

Tuliskan Komentar Anda