Hebat, Jalan Tol di Medan Digratiskan

HORASNEWS.COM-Presiden Joko Widodo meresmikan dua ruas Tol Trans Sumatera, Jumat 13 Oktober 2017 kemarin. Keduanya adalah Jalan Tol Medan-Binjai dan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Pada tahap awal, kedua jalan tol yang baru diresmikan itu pun digratiskan. Kedua tol itu bisa dilalui mulai Sabtu 14 Oktober 2017 pukul 07.00 WIB.

“Beberapa hari ini akan digratiskan, biasanya seminggu, ada aturannya (untuk menggratiskan). Itu sebagai sosialisasi biar semakin banyak yang pakai tol,” kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto di Gerbang Tol Medan-Binjai, Jumat 13 Oktober 2017.

Menurutnya, penggratisan jalan tol ini sebagai langkah sosialisasi kepada masyarakat. Juga untuk menarik minat masyarakat menggunakan jalan tol yang masuk jalur Tol Trans Sumatera ini.

Seluruh pintu di kedua ruas jalan tol ini bakal menerapkan cashless dengan gardu tol otomatis (GTO). Hal tersebut demi meningkatkan efisiensi waktu pelayanan di gardu tol.

“Hambatan kan banyak di gardu-gardu tol kalau kita biasa pakai tunai, kan lama tuh. Kalau kita pakai cashless atau nontunai, itu waktunya hanya lima detik saja, efisiensinya banyak,” tegasnya.

Terlebih dari sisi keamanan, penggunaan uang elektronik di tol (e-toll) jauh lebih aman ketimbang menggunakan uang tunai. “Juga untuk keamanan karena di gardu tol kalau banyak uang kan enggak aman juga,” pungkas Arie.

Jalan Tol Medan-Binjai baru beroperasi Seksi-II dan Seksi-III dengan panjang 10,46 km. Jalan tol ini menyambungkan Helvetia-Binjai. Sementara untuk Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi baru beroperasi Seksi-II hingga Seksi-VI sepanjang 41,7 km. Menyambungkan Kualanamu hingga Sei Rampah. (mtn)

loading...

Tuliskan Komentar Anda