Hari Ini Pencairan THR ASN, TNI dan Polri ke Rekening

HORASNEWS.COM-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal membayarkan tunjangan hari raya (THR) pada aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri berstatus pegawai aktif maupun pensiunan pada hari ini, Senin, 4 Juni 2018.

Direktur Pengelolaan Kas Negara Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Rudy Widodo mengatakan THR akan langsung ditransfer ke rekening para abdi negara.

“4 Juni nanti ditransfer ke rekening pegawai maupun pensiunan,” kata Rudy pada Medcom.id melalui pesan singkat, di Jakarta.

Adapun hingga Kamis, 31 Mei lalu sudah 90 persen satuan kerja (satker) di berbagai kementerian dan lembaga (K/L) yang telah selesai mengajukan surat perintah membayar (SPM) pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang kemudian dilanjutkan dengan dikeluakannya surat perintah pencairan dana (SP2D).

“Jadi tersisa sedikit saja yang belum selesai SP2D-nya, saya yakin per Senin nanti dan pasti semuanya selesai setelah tanggal empat,” tutur Rudy.

Lebih lannjut pencairan THR dilakukan secara bertahap yang mana untuk PNS akan dilakukan terlebih dahulu kemudian baru lah untuk pensiunan.

“Sama tanggalnya, hanya jamnya yang mungkin beda-beda. Kalau PNS dan lain-lain pukul 9, malah mungkin lebih pagi, kalau pensiunan kemungkinan besar di atas pukul 12,” jelas dia.

Pemerintah telah mengalokasikan Rp17,88 triliun anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2018 untuk pembayaran gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri dan pensiunan di lingkungan Pemerintah Pusat.

Besaran tersebut terdiri dari komposisi THR gaji Rp5,24 triliun, THR tunjangan kerja Rp5,79 triliun, dan THR pensiunan Rp6,85 triliun. Selama ini THR yang diberikan hanya sebesar gaji pokok.

Untuk tahun ini, besarannya ditambah dengan tunjangan kerja. Serta, untuk pertama kali bagi pensiunan, tahun ini mereka mendapatkan THR. (medcom.id)

loading...

Tuliskan Komentar Anda