Harga Kelapa Sawit di Labusel Mulai Naik

HORASNEWS.COM-Harga buah kelapa sawit yang mengalami penurunan harga beberapa minggu terakhir kini sudah mulai berangsur naik. Kenaikan hingga mencapai 40 % per kilogram.

Harga buah kelapa sawit saat ini di salah satu toke (pengepul) di Dusun Tapus, Desa Sampean, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumatra Utara sudah mencapai Rp. 1400 per kilo gramnya. Harga sebelumnya hanya Rp. 1000 perkilogram bahkan ada yang hanya Rp. 900 saja per kilogramnya.

Setiap di Labusel  berbeda harga, tergantung jauh dan dekat serta Medan menuju buah kelapa sawitnya. Seperti di salah satu dusun di Simpang Maropat, Desa Sampean, toke sawit hanya mampu membeli buah kelapa sawit dan harga Rp.1.200 saja per kilogramnya.

Menurut salah satu toke sawit di Dusun Tapus, Desa Sampean, Labusel, Opik tambak, saat ini harga buah kelapa sawit sudah mulai naik hingga Rp. 1.400 per kilogramnya. Harga ini sudah bertahan selama tiga hari.

“Rata-rata buah sawit yang saya beli hanya berada di kecamatan sungai kanan saja. Setiap hari saya dapat membeli buah kelapa sawit 5 hingga 10 ton per hari, tergantung naik dan trek nya buah” tambahnya.

Sementara itu seorang petani kelapa sawit Pardomuan Tambak sangat bersyukur dengan naiknya harga sawit ini. ” Saya sangat bersyukur sekali dengan naiknya harga buah kelapa sawit beberapa hari terakhir ini, saat ini petani kelapa sawit sudah mulai bergairah. Saya berharap harga ini minimal bertahan kalau bisa naik lagi seperti 5 taun lalu yang mencapai Rp. 1800 per kilogram” imbuhnya. (Ajen)

loading...

Tuliskan Komentar Anda