Gunung Merapi Meletus, Warga Mengungsi ke Lokasi Aman

HORASNEWS.COM-Gunung Merapi di Kabupaten Slemen, meletus. Warga kembali mengungsi untuk mengantisipasi korban jiwa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman mencatat ada puluhan warga lereng Gunung Merapi yang kembali mengungsi usai letusan pada Jumat, 1 Juni 2018. Mereka mengungsi keduakalinya setelah sempat mengungsi akibat letusan pada pekan lalu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan mengatakan, ada banyak warga yang sempat mengungsi sesaat setelah Gunung Merapi meletus pada pukul 8.20 WIB. Warga yang mengungsi tersebut dari Dusun Kalitengah Lor yang berjarak lebih dari tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Sejumlah lokasi yang jadi barak pengungsian berada di Purwobinangan, Girikerto, hingga Balai Desa Glagaharjo. Hingga kini, masih ada sekitar 60 pengungsi balita dan lansia yang bertahan di Balai Desa Glagaharjo.

“Karena kondisi, (balita dan lansia) tak boleh naik turun. Masyarakat masih boleh beraktivitas selama di luar radius tiga kilometer dan tetap waspada dengan mengenakan masker serta kacamata saat hujan abu,” ungkapnya, seperti dilansir www.metrotvnews.com.

Ia menegaskan, masyarakat masih dalam posisi aman. Pihak BPBD juga akan memfasilitasi logistik selama tinggal di pengungsian.

Makwan menyebut masih ada bantuan berupa kasur, hingga tikar yang bisa digunakan pengungsi. “Kasurnya ada sebanyak 130 buah,” kata dia. (red/mtn)

loading...

Tuliskan Komentar Anda