Galian C di Sungai Kanan Menjamur, Warga Diserang Penyakit

Inilah Salah Satu Galian C di Desan Huta Godang, Kecamatan Sungai Kanan, Labusel

HORASNEWS.COM-Galian C di aliran Sungai Kanan, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatra Utara semakin marak. Selain merusak lingkungan, jalur transportasi di kawasan ini menjadi rusak dan masyarakat sudah mulai diserang penyakit ispa.

Pantauan Horasnews.com, praktek galian C diduga tidak mengantongi izin menjamur dibantaran aliran Sungai Kanan. Misalnya di Desa Huta Godang, Desa Sampean dan Desa Ranto Jior. Sejumlah galian dilakukan oknum-oknum dan dibekingi oleh pejabat.

“Galian ini sudah lama dan tidak bisa dilarang masyarakat,” ujar Lottos Siregar, Sabtu (23/12).

Hampir setiap Dusun di Kecamatan Sungai Kanan memiliki galian C. Materil galian ini diolah di salah satu craser di daerah itu yang dimiliki oleh orang berduit besar dan dibekining oknum.

Akibat galian C ini, air aliran Sungai Kanan tidak pernah jernih sementara warga mengkomsumsi dan mandi dialiran ini. Belum juga merusak lingkungan disepanjang sungai. Misalnya, terjadinya erosi persawahan warga karena dikikis air.

Belum juga dengan truk-truk yang mengangkut materil bertonase belasan ton melintas di perkampungan warga merusak badan jalan dan sering berdebu. Debu badan jalan ini mengganggu kesehatan warga sekitar.

“Kami minta pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk segera menertibkan dan menghentikan praktek galian C ini,” ujar Imran. (red)

loading...

Tuliskan Komentar Anda