Danau Cimpago Suguhkan Edukasi Bencana

HORASNEWS.COM-Kota Padang, Sumatra Barat memiliki banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Danau Cimpago, sebuah danau berada di jantung kota menyuguhkan  edukasi. Sambil berwisata, pengunjung bisa mendapatkan ilmu, terutama soal kebencanaan.

Jika ke Kota Padang, Sumatra Barat, tidak lengkap rasanya kalau tak berkunjung ke kawasan Danua Cimpago, di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Danau Cimpago ini memanjang sekitar 800 meter dan lebar 50 meter.

Danau ini berada di jantung kota dan berdekatan dengan bibir Pantai Padang. Di sekitar danau, pengunjung bisa duduk-duduk menikmati keindahan danau mungil ini.

Danau Cimpago di Padang

Selain menyuguhkan keindahan, danau ini juga menyuguhkan edukasi bagi pengunjung. Salah satunya, di Taman Edukasi Bencana. Di dalamnya menyimpan ragam buku terkait dengan kebencanaan.

Di pinggiran danau juga dilukis proses penyelematan dan evakuasi jika terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami. Lukisan memanjang di jembatan Purus ini mengingatkan pengunjung lebih waspada terhadap bencana alam.

“Banyak perubahan di Danau Cimpago ini. Selain mulai bersih, kita bisa melihat –lihat bacaan dan pemandangan menarik,” ujar Rahmat, salah pengunjung kepada Horasnews.com, Selasa (15/05/2018).

Jika sudah bosan di kawasan ini, bisa beralih ke bibir pantai yang jaraknya hanya 20 meter. Anda bisa bermain dengan pasir dan gelombang laut  purus.

Balai Wilayah Sungai (BWS) Wilayah V Sumatra Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) perbaiki Danau Cimpago. BWS tidak tanggung-tanggung mengeluarkan dana untuk mempercantik kawasan Danau Cimpago ini.

Menurut Kepala Balai BWS Wilayah V Maryadi Utama, Kementerian PUPR menganghabiskan dana Rp 1,7 miliar untuk memperbaiki danau.

BWS Wilayah V Sumatra Kementerian PUPR, Pemerintah Kota Padang, Dandim, Korem, Dinas Kehutanan dan Polda Sumbar melakukan penanaman pohon di sepanjang kawasan Danau Cimpago.

Selain penanaman pohon, kawasan ini dibersihkan dari sampah-sampah berserakan. Satu persatu sampah dikumpulkan ke dalam karung dan diangkut ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Setelah membersihkan ditanam bibit ikan lebih 5000 ekor. Bibit ikan nila dan lele ini sumbangan untuk masyarakat sektiar.

Kementerian PUPR lebih kosentrasi terhadap kawasan Danau Cimpago ini karena menjadi objek wisata Kota Padang yang berantai dengan pantai Padang. Danau Cimpago berada di jantung kota sehingga mudah dikunjungi warga.

Maryadi berharap kepada masyarakat, terus menjag kelestarian dan kebersihan Danau Cimpago, sehingga menjadi sumber kesejahtaraan mayarataka di sekitar. “Apabila danau ini bersih pasti mendatangkan kesejahteraan. Untuk itu mari kita jaga sampah-sampah di sekitar ini,” ujarnya. (red)

loading...

Tuliskan Komentar Anda