Belasan Terduga Teroris Ditangkap Densus 88

HORASNEWS.COM-Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap 19 orang terduga teroris di sejumlah tempat. Mereka ditangkap dalam waktu tiga hari, 9 – 11 Desember 2017 di Jawa Timur, Pekanbaru, dan Sumatera Selatan.

“Ini tambahan saja jumlahnya 19 orang dari tanggal 9 – 11 (Desember 2017),” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Desember 2017.

Mereka yang ditangkap di Jawa Timur, kata Setyo, terkait dengan kelompok Abu Jandal yang berafiliasi dengan ISIS di Suriah. Sedangkan yang di Pekanbaru, Riau, terlibat dalam pembelian senjata dan melakukan pelatihan militer di bukit Kemalipatkain.

“Kemudian yang di Sumatera Selatan ditangkap 12 orang keterkaitan kelompok-kelompok Ciraka di bukit Kemahkampa Riau,” katanya.

Setyo mengungkapkan, semua terduga teroris itu akan dibawa ke Makobrimob, Kelapa Dua, Depok, untuk diperiksa lebih mendalam. “Selama 7 hari mereka akan diperiksa. Setelah lengkap, hassil pemeriksaannya akana kita rilis lagi,” ujarnya

Seperti diketahui, Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri melakukan serangkaian penangkapan jelang perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018.

Di Sumatera Selatan, sebanyak 12 terduga teroris ditangkap di tiga lokasi pada Minggu 10 Desember 2017 dan Senin 11 Desember 2017 dini hari. Sayangnya, identitas bahkan inisial para terduga teroris itu masih ditutup lantaran masih dalam pemeriksaan.

Densus 88 juga menangkap lima orang diduga teroris di Kalimantan Barat. Dua di antaranya ayah dan anak berinisial KR, 45 dan JS, 15. Polri masih menutup identitas tiga terduga teroris lainnya.

Tak hanya itu, Densus 88 juga menangkap tiga orang terduga teroris di Jawa Timur, Sabtu 9 Desember 2017. Mereka masuk dalam jaringan ISIS dan JAT. Salah satu terduga teroris diketahui pernah merencanakan pengeboman kantor polisi di Jawa Timur pada 2014.

Mereka adalah Paripung Dhani Pasandi alias Ipung, Muhammad Muhidin Gani alias Abu Faros alias Deni, dan Kiki Rizky Abdul Kadir alias Kiki alias Abu Ukasah.

Selain itu, Kepolisian Diraja Malaysia menangkap terduga teroris yang menjadi buronan Polri karena diduga terkait aksi teror bom panci di Bandung.

Sumber: metrotvnews.com

loading...

Tuliskan Komentar Anda