23 Resort di Mentawai Mayoritas Dikelola WNA

23 Resort di Mentawai Mayoritas Dikelola WNA

HORASNEWS.COM- Bupati Mentawai, Sumatra Barat Yudas Sabaggalet mengakui ada 23 resort di Kabupaten Kepulauan Mentawai mayoritas dikelola Warga Negara Asing (WNA). Salah satunya Resort Aloita di Pulau Simakakang oleh WNA Italia Fabrizio sempat heboh di dunia maya.

Penegasan itu disampaikan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, disela-sela pisah sambut Kajari Mentawai,  di Hotel Inna Muara, Kota Padang, Sumatra Barat, Sabtu (17/03) malam.

Menurut Bupati Yudas, pengelolaan resort-resort di Mentawai oleh Warga Negara Asing (WNA) dengan tujuan agar mendongkrak industry pariwisata Mentawai.

“Mayoritas dari 23 resort yang menyebar di Mentawai dikelolah orang asing. Mereka sebagai pengelola tingkat manajer, sedangkan pekerjanya anak-anak Mentawai,” ujar Yudas.

Termasuk resort Aloita di Pulau Simakakang yang sempat heboh di media social karena adanya pelarangan rombongan anggota DPRD Sumbar dan Mentawai adalah WNA Italia Fabrizio.

“Fabrizio sebagai pengelola. Sedangkan pemilik tanah masih tetap Oyon yang dikontrakkan selama 30 tahun,” ujarnya.

Industri pariwisata Mentawai bergerak tumbuh karena pengelola-pengelolanya professional. Hal ini dibuktikan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mentawai disektor pariwista tahun 2017 mendapai Rp 7,3 miliar.

Jumlah kunjungan wisatawan mencapai 10.500 ke Mentawai dan 80 persen diantaranya dari luar negeri. Mereka menggelar berbagai kegiatan wisata di Mentawai, seperti selancar.

Menanggapi persoalan larangan anggota DPRD Sumbar dan Mentawai ke Resort Aloita, menurut Bupati sudah selesai. Pengelola dan pengunjung waktu itu salah pengertian, sehingga menjadi hebob.

“Tetapi sebagai pemerintah di sana kita akan buatkan SOP (Standar Operasional Prosedur),” kata Bupati. (red)

loading...

Tuliskan Komentar Anda